Goa Jomblang, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

campatour.com - Siapa yang membutuhkan destinasi wisata baru di Yogyakarta karena bosan dengan tempat lainnya? Rekomendasi wisata kali ini cocok untuk orang yang suka dengan keteduhan alam dan pelajaran di baliknya. Jika Anda juga menyukai hal itu maka kunjungilah Goa Jomblang berlokasi di Yogyakarta.

Goa Jomblang, Menikmati Indahnya Alam yang tertutup

Setelah sekian lama bermunculan destinasi wisata yang identik dengan instagramable dan cafe, kini Yogyakarta kembali mengenalkan destinasi mereka yang lainnya. Goa Jomblang sudah lama hadir dan bisa menjadi pilihan wisata Anda. Berikut Informasi lebih lanjut mengenai Goa Jomblang di Yogyakarta.

#1. Lokasi Goa Jomblang


Goa Jomblang Terletak di Dukuh Jetis Wetan, desa Pacarejo, Semanu, gunung Kidul, Yogyakarta. Jika ingin pergi ke Gunung Kidul ini maka perlu menempuh perjalanan berjarak 50 KM dari pusat kota Jogja. Biasanya jarak segitu dapat ditempuh sekitar 90 menit waktu perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Simak Juga : Wisata Kali Suci Jogja, Menikmati Indahnya Alam dan Bawah Goa

Jika masih merasa bingung dengan lokasi dan rute perjalanan maka bisa mengakses peta online. Melalui peta online maka arah akan menjadi lebih akurat dan sesuai dengan jenis kendaraan. Misalnya bisa menemukan jalan alternatif menggunakan motor dan mobil, tentu beda dengan jalur bus.

#2. Jam Buka Wisata Jomblang

Jam Buka Wisata Jomblang

Jomblang  ini memiliki jam operasional yang ketat demi keselamatan staf dan pengunjung. Wisatawan bisa datang mulai dari jam 8.00 - 14.00 WIB, jangan datang sore karena tidak aman. Pasalnya waktu gelap di area goa bisa datang lebih cepat daripada area terbuka lainnya.

Berkunjung di saat siang hari juga jadi pilihan yang tepat karena pengunjung akan mendapatkan cahaya ilahi dari dalam gua. Cahaya ilahi itu sendiri sangat cocok Anda jadikan sebagai latar foto di Instagram sebagaimana para influencer alam. Banyak orang yang juga mengambil foto di spot legendaris ini.

#3. Harga Tiket Masuk ke Goa Jomblang

Harga Tiket Masuk ke Goa Jomblang

Pada dasarnya tiket masuk ke Goa Jomblang sangat terjangkau karena hanya perlu membayar uang parkir sebesar 3000 - 5000. Namun jika pengunjung ingin menyusuri goa ketika tidak memiliki peralatan sendiri maka perlu mengeluarkan kocek 500.000 - 1.000.000, bisa jadi gratis apabila sebaliknya.

Jadi memang alangkah baiknya menggunakan peralatan sendiri untuk menghemat pengeluaran pada saat berlibur. Di sisi lain pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam secara sederhana dan berteduh di warung-warung sekitar. Melalui hal ini saja otak sudah pasti akan merasa segar kembali.

#4. Daya Tarik dari Goa Jomblang

Daya Tarik dari Goa Jomblang

Tidak hanya memiliki daya tarik pada aktivitas menyusuri goanya saja, area wisata ini juga menyimpan berbagai hal menarik lainnya. Berdasarkan sejarah, goa jomblang terbentuk akibat reruntuhan yang kemudian membuat lubang di tengahnya sedalam 50 meter.

Di dalam lubang itulah terjadi aktivitas vegetasi dan kini tumbuh berbagai tanaman hijau yang cantik dan menyejukkan. Jadi tidak heran bila terdapat pohon dan rerumputan hijau di dalam gua serta di bawah sinar matahari. Bahkan banyak pengunjung yang menilainya sebagai pemandangan sangat indah. Ingin Wisata one day trip yuk berangkat.

#5. Fasilitas di Goa Jomblang, Yogyakarta

Fasilitas di Goa Jomblang, Yogyakarta

Tidak seperti area wisata lainnya yang minim fasilitas, goa jomblang ini membuat pengunjung merasa sangat nyaman. Adapun fasilitasnya mulai dari tempat parkir yang luas, resort, toilet, dan mushola. Tentunya di dalam area wisata juga terdapat pilihan tempat makan untuk para pengunjung.

Sementara itu untuk fasilitas menyusuri goa juga sangat lengkap, meliputi jas hujan sekali pakai, perahu karet, senter, dan baju pengaman. Melalui hal ini maka pengunjung sudah pasti akan senantiasa aman, terlebih lagi mendapat panduan khusus dari pemandu setempat yang sudah berpengalaman.

#6. Berbagai Spot Foto di Goa Jomblang

Berbagai Spot Foto di Goa Jomblang

Selain memiliki daya tarik untuk lebih dekat dengan alam, goa jomblang ini juga memiliki banyak spot foto yang instagramable. Misalnya seperti di sekitar sungai atau apitan antara dua tebing. Kemudian jika masuk ke dalam gua maka akan ada spot legendaris yaitu ketika matahari masuk dari lubang di atas.

Banyak pengunjung yang mengabadikan momen di spot foto legendaris ini. Jadi Anda bisa melihat berbagai contoh fotonya di sosial media. Melalui hal itu maka bisa pula menyiapkan diri dan berbagai pose foto sehingga kelak akan menghasilkan momen yang ciamik.

#7. Saran Berkunjung ke Goa Jomblang

Saran Berkunjung ke Goa Jomblang

Untuk mendapatkan waktu liburan yang menyenangkan bisa datang pada pagi hari. Melalui waktu kedatangan yang lebih awal maka pengunjung bisa memiliki waktu lebih banyak untuk menyiapkan diri dan menyusuri goa. Waktu di dalam goa nya juga bisa lebih lama dari pengunjung lain.

Kemudian sebisa mungkin gunakan peralatan menyusuri goa pribadi yang aman dan sesuai dengan standar. Jika tidak memilikinya bisa sewa ke pihak penyelenggara tempat wisata, namun memang harus membayar lebih mahal.

Demikian tentang Goa Jomblang yang dapat menjadi destinasi pilihan saat lebaran dan musim liburan seperti ini. Jangan lupa untuk mengajak keluarga dan teman-teman sehingga bisa jadi lebih seru. Yuk Wisata ke jogja bareng kita di Paket wisata jogja Follow kami juga ya di instagram @campatour 

Komentar