8 Tempat Study Tour Jogja Terbaik Tahun ini

 campatour.com - 8 Tempat Study Tour Jogja Terbaik Tahun 2023 - Kebanyakan sekolah di Indonesia mengadakan kegiatan rutin tahunan berupa study tour. Memilih Jogja sebagai tujuan karena terdapat banyak tempat study tour terbaik. Kebanyakan tempat tempat study tour Jogja yang paling sering dikunjungi seperti Candi, museum dan berbagai tempat bersejarah.

Daftar Tempat Study Tour Jogja Terpopuler

Tidak perlu bingung mencari tempat study tour yang ada di Jogja, karena banyak pilihannya. Pemilihan tempat study tour dapat disesuaikan dengan usia peserta didik maupun pengetahuan apa yang ingin didapatkan. Selengkapnya berikut ini rekomendasi tempat study tour terbaik di Jogja. Simak Juga : Daya Titik Nol Kilometer Jogja Wisata Murah Meriah

  1. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur menjadi salah satu tujuan tempat study tour terbaik, karena bisa mendapatkan banyak pengetahuan mengenai sejarah. Apalagi candi Borobudur juga termasuk salah satu dari keajaiban dunia, sehingga cocok untuk tujuan study tour.

Selain itu, rombongan pelajar juga bisa mengabadikan foto terbaik dengan background pemandangan candi yang megah. Banyak orang yang mengira jika candi Borobudur berada tepat di Jogja. Padahal sebenarnya berada di Magelang dan berbatasan dengan Yogyakarta.

  1. Desa Wisata Krebet

Desa Wisata Krebet

Tempat study tour terbaik selanjutnya di Jogja yaitu Desa Wisata Krebet. Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan sebuah desa yang berkembang pesat karena menjadi penghasil batik di Jogja. Uniknya lagi, batik di desa ini dibuat langsung di atas kayu.

Di desa ini peserta didik bisa melihat secara langsung berbagai hiasan dinding, ukiran dan berbagai jenis kerajinan tangan. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat belajar secara langsung bagaimana cara membuat batik dengan media kayu.

  1. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Selain candi Borobudur, di Jogja juga cukup terkenal candi Prambanan. Candi ini mempunyai keunikan dari bentuknya yang tinggi dengan daya tariknya tersendiri. Salah satu cerita yang tidak terlepas dari candi ini yaitu asal usul Roro Jonggrang.

Candi Prambanan menjadi lokasi study tour terbaik karena bisa mempelajari banyak hal terutama sejarah. Selain itu, di sekitar candi biasanya sering diadakan pertunjukan Sendratari Ramayana yang sayang untuk dilewatkan.

  1. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta juga termasuk tempat study tour Jogja yang cukup populer. Pengunjung bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru di tempat ini, karena banyak barang bersejarah. Bahkan, untuk kegiatan study tour, di keraton Yogyakarta tersedia guide yang siap menemani.

Tidak hanya itu saja, jika beruntung bisa melihat secara langsung berbagai pagelaran seni. Pengunjung juga bisa berkeliling Keraton melihat bagaimana seluk beluk bangunan dan apa saja yang ada disana.

  1. Taman Pintar

Taman Pintar

Sesuai dengan namanya, tempat ini memang cocok untuk study tour karena menyediakan banyak permainan edukatif. Beberapa wahana permainan yang tersedia seperti mengenal geografi dan astronomi. Jadi, anak-anak bisa belajar mengenai peraga tata surya, cuaca, alat peraga iklim dan masih banyak lagi.

Tidak hanya menyediakan permainan edukatif, tapi ada juga wahana permainan seru lainnya seperti Playground. Anak-anak bisa menikmati wahana yang ada secara gratis. Tentu dengan fasilitas seperti ini sangat seimbang untuk anak-anak bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan kesenangan.

  1. Monumen Yogya Kembali

Monumen Yogya Kembali

Di Jogja memang banyak tempat bersejarah, salah satu yang tak kalah populer yaitu Monumen Yogya Kembali. Sesuai dengan namanya, adanya monumen ini dibangun sebagai pengingat atas peristiwa perebutan Jogja dari tentara sekutu di masa silam.

Menariknya lagi, di monumen ini terdapat relief perjuangan pada masa itu. Tidak hanya itu saja, tersedia juga tempat khusus untuk memutar film dokumenter dan memutar lagu nasional. Selain bisa menambah pengetahuan, di monumen ini banyak hal menarik lain yang bisa didapatkan.

  1. Museum Affandi

Museum Affandi

Tempat study tour yang satu ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Terlebih lokasinya yang berada di tengah kota, sehingga mudah dijangkau dengan berbagai transportasi. Sesuai dengan namanya, di museum ini banyak peninggalan dari Affandi sosok maestro lukis Indonesia.

Banyak karya lukisan Affandi Koesoema yang terpampang jelas. Lalu, apa aktivitas yang bisa dilakukan di museum ini? Pengunjung bisa mencoba menghias gerabah, melukis dan lain sebagainya. Bahkan, hasil dari aktivitas tersebut bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

  1. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark

Di urutan terakhir, Sindu Kusuma Edupark bisa menjadi pilihan terbaik untuk melakukan study tour. Banyak wahana edukasi yang cocok untuk anak-anak seperti omah musik dan omah batik. Selain itu, banyak juga berbagai permainan modern seperti pit egrang.

Salah satu yang paling menarik dari tempat ini yaitu terdapat bianglala berukuran besar. Pengunjung bisa naik bianglala untuk seru-seruan setelah belajar banyak hal. Lokasinya juga cukup strategis dan tidak jauh dari pusat kota Jogja, sehingga cocok untuk tujuan study tour. Yuk follow instagram kita di @campatour

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai 8 tempat study tour Jogja yang paling recommended di tahun ini. Dari beberapa tempat tersebut bisa dipilih mana yang paling cocok dengan program sekolah serta mempertimbangkan lokasinya. ingin ke jogja yuk bareng kita di paket wisata jogja.

 

 

Komentar