8 Museum di Jogja dengan Fasilitas dan Penampilan Menarik

 campatour.com - Yogyakarta atau sering orang sebut kota Jogja memang menjadi salah satu pusat pendidikan di Indonesia. Mendapatkan gelar sebagai kota pendidikan membuatnya memiliki banyak sekali Museum menarik. Tentunya Anda bisa berkunjung ke beberapa museum di Jogja dengan fasilitas dan penampilan menarik.

Inilah 8 Museum di Jogja dengan Fasilitas dan Penampilan Menarik

Wisata edukasi menjadi salah satu pilihan banyak pihak ketika musim libur telah tiba, Jogja sendiri menjadi destinasi paling menarik. Ada banyak sekali museum dengan penampilan dan daya tarik luar biasa bisa Anda kunjungi di kota ini. Berikut adalah 8 museum di Jogja dengan fasilitas dan penampilan menarik. Simak Juga: Tempat Study Tour Jogja Terbaik Tahun ini

  1. Museum Monumen Jogja Kembali

  2. Museum Monumen Jogja Kembali


Museum monumen Jogja kembali menjadi salah satu destinasi menarik bisa Anda kunjungi. Terdapat banyak sekali informasi serta fakta menarik yang tersimpan di dalam museum satu ini. Tidak hanya itu, Museum di kota Jogja ini terkenal sebagai tanda sejarah kembalinya kedaulatan Republik Indonesia.

Ketika berada di kota ini, Anda akan melihat sebuah monumen dengan bentuk menyerupai piramida. Bangunan museum ini memang sangat menarik dan menawan. Pada saat berada di dalam seseorang dapat menyaksikan beraneka ragam aneka koleksi benda bersejarah.

  1. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu juga jadi destinasi wisata edukasi dengan daya tarik yang luar biasa. Berlokasi di lereng Gunung Berapi, museum yang berada di kota Jogja satu ini menawarkan keunikan dari sisi nuansanya di mana sangat sejuk, damai dan adem.

Karena tempat satu ini sangat sejuk dan adem sebagai area wisata museum, orang orang sering menyebutnya dengan Kaswargan atau Rumah Surga. Ada banyak sekali koleksi menarik bisa Anda saksikan di dalam museum satu ini seperti dokumentasi evolusi budaya Jawa dari masa Mataram Kuno.

  1. Museum Keraton YogyakartaMuseum Keraton Yogyakarta


Museum Keraton Yogyakarta juga menawarkan keindahan dan ciri khas tersendiri. Sebagai wisatawan Anda akan mendapati banyak sekali kekayaan budaya dari kesultanan Yogyakarta ketika berkunjung ke tempat ini.

Museum yang ada di kota Jogja ini terdiri dari empat area utama, yaitu Museum Kristal, Museum Pameran Lukisan Foto, Museum Batik, dan Museum Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Tentunya setiap area menawarkan keindahan serta keunikannya masing masing.

  1. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo menjadi salah satu kawasan di kota Yogyakarta yang sangat menarik. Pasalnya museum yang berada di Jogja ini menyimpan banyak sekali benda sejarah bahkan sampai menyentuh angka 43.600. Tentunya hal ini sangat luar biasa.

Apabila Anda ingin mengetahui sejarah mengenai bangsa Jawa secara lengkap, mendatangi museum Sonobudoyo menjadi pilihan terbaik. Menariknya lagi museum satu ini tidak jauh lokasinya dari Alun Alun Utara Keraton di Jalan Trikora.

  1. Museum Affandi

Museum Affandi

Museum selanjutnya yang menarik dan menawarkan fasilitas lengkap adalah Museum Affandi. Apabila Anda tertarik dengan karya karya melegenda dan sudah masuk dunia Internasional, maka mengunjungi museum yang ada di Jogja satu ini adalah pilihan tepat.

Tentu saja Museum ini berada di kediaman Affandi yang ada di kompleks galeri seninya. Setidaknya ada 300 lukisan karya Affandi dengan berbagai varian karya menarik bisa Anda saksikan. Tentu saja berkunjung ke Museum ini akan memberikan pengalaman menarik dalam hidup.

  1. Museum Sandi

Museum Sandi

Selanjutnya ada sebuah museum bernama Sandi yang sangat penting dalam sejarah negara Indonesia. Lembaga Sandi Negara sengaja membangun museum ini agar masyarakat dapat mengenang perjuangan rakyat meraih kemerdekaan.

Melalui berbagai koleksi mesin sandi yang ada di museum ini, Anda dapat melihat betapa luar biasa perjuangan bangsa ini. Salah satu museum yang ada di Jogja ini tawarkan koleksi menarik seperti buku sandi sampai dengan berbagai dokumentasi persandian.

  1. Museum Pusat TNI AU Dirgantara MandalaMuseum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala


Mungkin banyak yang belum tahu jika Jogja menjadi kota sejarah terbentuknya Angkatan Udara Republik Indonesia. Karena fakta inilah tidak heran jika Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala ada di kota ini.

Menariknya lagi usia dari Museum ini sudah cukup tua karena telah berdiri sejak tahun 1978. Ada banyak sekali fakta menarik mengenai perjalanan perkembangan TNI AU di dalam museum yang terdapat di kota Jogja ini.

  1. Museum Benteng YogyakartaMuseum Benteng Yogyakarta


Museum Benteng Yogyakarta yang berlokasi di Titik Nol Kilometer Jogja juga jadi destinasi menarik. Beberapa orang lebih mengenal nama Museum ini dengan Museum Benteng Vredeburg. Terdapat hal menarik di dalamnya yang dapat seseorang saksikan. Yuk follow instagram kita di @campatour

Museum yang ada di kota Jogja satu ini menawarkan banyak sekali koleksi sejarah. Tidak hanya itu bentuknya yang orang pertahankan sampai sekarang membuatnya benar benar menarik dan juga cocok untuk menjadi destinasi wisata edukasi.

Demikian informasi mengenai 8 museum di Jogja dengan fasilitas dan penampilan menarik. Dengan berkunjung ke beberapa Museum tadi, maka pengetahuan mengenai sejarah dari negara ini akan bertambah. Tentunya ini akan jadi pengalaman luar biasa dan menarik bagi hidup Anda. Yuk ke museum bareng kita di Paket Wisata Jogja

Komentar