5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Trekking di Sentul Agar Aman

 Campatour.com - Bagi pecinta alam, Sentul menjadi tempat terbaik untuk melakukan petualangan di alam terbuka. Mengingat Sentul merupakan kawasan hijau yang cocok untuk melakukan trekking. Tertarik untuk trekking? Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum trekking di Sentul agar aman.

Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Trekking di Sentul

Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Trekking di Sentul



Trekking merupakan aktivitas berjalan kaki jarak jauh dengan tujuan tertentu. Salah satu lokasi terbaik untuk melakukan trekking yaitu Sentul. Namun, untuk melakukan trekking di Sentul, ada beberapa hal yang perlu diketahui seperti berikut ini. Simak juga : Cek Kesehatan dan Persiapan Trekking di Sentul

  1. Banyak Pilihan Rute Trekking di Sentul

Hal pertama yang wajib anda ketahui jika tertarik untuk trekking di Sentul yaitu banyak pilihan rute. Tentu dengan banyaknya pilihan rute seperti ini mengharuskan anda untuk memilih mana rute yang paling tepat. Sebaiknya memilih rute yang memang sesuai dengan kemampuan atau kondisi fisik.

Bagi pemula salah satu atau yang paling cocok yaitu dari kawasan wisata Gunung Pancar, karena medannya tidak terlalu ekstrim. Selain itu, ketinggian lokasi ini hanya sekitar 300 – 800 MDPL. Pastikan juga membawa peralatan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pentingnya Menggunakan Pemandu untuk Pemula

Bagi pemula yang ingin mencoba trekking di Sentul, penting untuk menggunakan jasa pemandu. Pasalnya di kawasan ini banyak rute yang tersedia, sehingga bagi yang belum terbiasa ditakutkan akan tersesat. Banyak juga pemandu lokal yang tersedia di sekitar Sentul.

Banyak juga keuntungan yang bisa anda dapatkan jika menggunakan jasa pemandu yaitu harganya terbilang murah. Selain itu, bisa mendapatkan fasilitas berupa dua supir yang siap mengantar ke titik awal sebelum trekking.

  1. Kawasan Sering Turun Hujan dan Kabut

Sentul terkenal sebagai kawasan pengunjung hijau yang memungkinkan sewaktu-waktu akan turun hujan hingga kabut. Terlebih bagi Anda yang berencana untuk trekking, pastikan membawa peralatan yang memadai seperti jas hujan untuk mengantisipasi cuaca yang buruk.

Misalnya saja jika sewaktu-waktu turun hujan dan kabur, anda bisa langsung menggunakan jas hujan. Selain itu, gunakan juga sandal dan sepatu yang aman agar tidak terpeleset. Pastikan sebelum berangkat sudah mengecek bawang bawaan.

  1. Jangan Merusak Alam

Hal yang perlu diketahui sebelum trekking di Sentul selanjutnya yaitu harus menjaga alam, jangan sampai merusaknya. Sekalipun nantinya dalam perjalanan akan menjumpai tanaman yang sangat indah, jangan sekali-kali mengambilnya untuk dibawa pulang.

Selain itu, harus menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Solusinya dengan membawa tempat pembuangan sampah seperti trash bag. Intinya pastikan naik dan turun tidak meninggalkan apapun kecuali jejak.

  1. Wajib Melakukan Pemanasan Terlebih Dahulu

Melakukan pemanasan terlebih dahulu sangatlah penting, terlebih bagi pemula yang tidak pernah melakukan trekking. Tujuan dari pemanasan ini agar fisik lebih kuat dan siap menghadapi berbagai kondisi selama perjalanan.

Banyak cara untuk melakukan pemanasan sebelum trekking, seperti halnya rutin jalan kaki setiap hari atau melakukan aktivitas fisik lainnya. Setidaknya dengan fisik yang sudah terlatih seperti ini tidak akan membuat otot kencang.

Tips Trekking di Sentul yang Aman

Selain penting atau mengetahui beberapa hal sebelum trekking di Sentul, ada juga tips yang harus anda terapkan. Tujuannya agar perjalanan selama trekking tidak terjadi permasalahan. Selengkapnya berikut ini beberapa tipsnya.

  1. Pilih Jalur Trekking yang Sesuai

Tips aman pertama untuk trekking di Sentul yaitu memilih jalur atau rute yang sesuai. Maksud dari kesesuaian ini harus memperhatikan bagaimana kondisi fisik. Tujuannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Apalagi setiap jalur trekking di Sentul mempunyai kondisi yang berbeda-beda, Ada yang ekstrim atau biasa saja. Jika tidak mengetahui kondisi trek yang sesungguhnya bisa bertanya ke pihak pengelola atau pemandu yang tersedia.

  1. Rencanakan Trekking dengan Matang

Melakukan trekking tidak boleh sembarangan, terlebih bagi pemula. Sebaiknya melakukan perencanaan yang matang sebelum melakukan trekking. Mengingat perencanaan yang matang dapat menjamin keberhasilan perjalanan.

Beberapa perencanaan yang harus anda perhatikan seperti memilih jalur, pemilihan pakaian hingga perlengkapan sesuai dengan kebutuhan. Jika perlu, bisa bertanya kepada orang-orang yang sudah berpengalaman melakukan trekking di Sentul.

  1. Pastikan Membawa Barang Secukupnya

Tips terpenting agar trekking aman yaitu membawa barang secukupnya saja. Mengingat trekking merupakan aktivitas berjalan kaki jarak jauh, pastikan tidak membawa banyak barang. Jika tidak, barang yang terlalu banyak bisa memberatkan langkah.

Beberapa peralatan penting yang perlu Anda bawa untuk trekking seperti tas daypack, makanan ringan, air minum yang cukup, pakaian cadangan, trekking pole dan kaos tangan. Selain itu, bisa juga membawa kamera untuk mengabadikan momen.

Itulah penjelasan mengenai beberapa hal yang perlu diketahui sebelum trekking di Sentul dengan aman. Selain itu, pastikan menerapkan beberapa tips yang sudah dijelaskan agar trekking lebih aman hingga turun kembali. Follow juga yuk instagram kita di @campatour.

Komentar